MIUI 10 : Fitur dan UX Yang Mempesona

4:43 PM


MIUI 10 : Fitur dan UX Yang Mempesona

Halo semuanya, mungkin udah ga asing lagi ya sama OS yang satu ini ?, MIUI OS dari Xiaomi yang "dulunya" mungkin terinspirasi iOS dari segi UI yang tanpa app drawer jadi ya terkesan android rasa iOS dikit gitu.

Terakhir yang kita update disini itu MIUI 8 berarti sekitar 2 tahun sudah perkembangan MIUI yang tentunya semakin membaik dari tahun ke tahun. Sebelum kita masuk ke pembahasan lebih lanjut, video di bawah boleh di simak untuk intro MIUI 10 ini ya !



MIUI 10 ini hadir mengusung konsep clean look, flat dan tentunya catchy yang memanjakan mata kita selaku user, tentunya ini lebih baik dibandingkan dengan MIUI sebelumnya, hal yang tentunya menonjol dari MIUI 10 ini sudah pasti tampilan.

Tampilan MIUI 10 disesuaikan dengan maraknya trend full screen smartphone yang memiliki bezel tipis atau bahkan tanpa bezel akhir - akhir ini, dan notch, jangan lupakan yang satu itu trend cukup aneh untuk menutupi sebagian layar dengan poni.

MIUI 10 menghilangkan semua aspek yang dapat mengganggu full screen experience yang ada dalam OS sebelumnya, warna yang jauh lebih enak dilihat, flat dan tidak bertabrakan. dan rounded edge yang menjadi tren smartphone masa kini.


Gestur juga salah satu yang krusial saat smartphone tidak memiliki tombol fisik untuk back dan menu, bahkan navigation bar juga tidak diperlukan di MIUI 10 ini jadi mereka menghilangkannya, digantikan dengan gestur untuk navigasi yang lebih menarik, berbeda dengan Android Pie yang masih menggunakan navigation bar tapi menggunakan satu tombol on-screen yang cukup menarik.

MIUI 10 menghadirkan sesuatu yang tidak baru di segi gestur, karena ya iPhone sudah lebih dulu, tapi kali ini, Xiaomi memotong poninya. Tampilan clean dengan neat cards ini juga menambah kesan rapih dan lebih luas, di tata dengan baik membuat user yang suka dengan tampilan flat pasti jatuh cinta pada user interfacenya MIUI 10 ini.

Kali ini MIUI menghadirkan background nature sounds saat kita mengaktifkan timer, seperti pada video intro diatas, ya fitur baru yang cukup berfungsi untuk masyarakat era kini yang mulai terganggu pada bunyi notifikasi, mungkin dapat di subtitusikan dengan bunyi air hujan atau gurun yang dapat menenangkan jiwa kita.


Kamera juga mengalami perbaikan signifikan loh, lihat saja hasil foto yang dapat memiliki efek bokeh layaknya DSLR, luar biasa !. Overall MIUI 10 merupakan OS yang cukup bertenaga dan tampilannya cukup keren tapi menurut saya, Xiaomi sekarang sudah kehilangan sentuhan unik ala Xiaomi yang sekarang cenderung lebih terinfluence dengan Apple yang memiliki ciri khas yang sering ditiru para vendor lain.

Beberapa device Xiaomi yang mendapat update ke MIUI 10 ini cukup banyak dan bisa dilihat dibawah ini 
Redmi Note 5/Pro, Mi 6, Mi MIX 2, Mi 5, Mi Note 2, Mi MIX, Redmi S2, Mi 8, Mi MIX 2S, Redmi 5 Plus, Redmi 6, Redmi 6A, Redmi Note 6 Pro, Redmi 6 Pro, Redmi 5, Mi Max Prime, Mi Max, Redmi Note 4X, Redmi 4A,  Mi 5s, POCOPHONE F1, Mi 8 Lite and Mi 5s Plus, Redmi 3s/Prime and Redmi Note 3 SE.

Sekian ulasan saya tentang MIUI 10 ini, saya bukan fans dari MIUI tapi sebagai user saya merasakan perbedaan yang cukup signifikan, performanya cukup baik seperti yang diharapkan dan saya ucapkan selamat mencoba dan salam sobat droid coeg !. Peace !


Artikel Terkait

Latest
Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
Gojoy Art
AUTHOR
Sab Mar 16, 09:57:00 PM delete

Mantap gan

Jgn lupa main" ke blog saia ya gan
https://seputar-seluler.blogspot.com

Reply
avatar